Aplikasi Helpdesk Indonesia

id.wikipedia.org, Jakarta - Lama berhubungan dengan dunia IT, apalagi yang berhubungan dengan customer support, pasti pernah mendengar atau memakai helpesk, secara definisi Help Desk adalah salah satu media untuk membantu menyelesaikan masalah (biasanya yang berhubungan dengan komputer). saya memiliki frasa Help Desk (dipisah), bukan helpdesk karena memang istilah yang betul adalah help desk (menurut Wikipedia)

 

Beberapa software help desk yang terkenal contohnya ZenDesk, OTS (Open Ticket Support), serta aplikasi web lainnya yang sifatnya untuk memberikan support kepada user / client. Bahkan saat ini untuk CMS pun sudah ada plugin untuk help desk. Salah satu contohnya ialah ZenDesk for WordPress yang dibuat untuk terhubung dengan ZenDesk.

 

Selain diipakai untuk support User, Help Desk juga digunakan oleh para program Developer, software ini sering disebut Bug Tracking System. Sistem ini digunakan untuk men-tracking bug yang ada di dalam software. Dengan cara ini akan memudahkan programmer dan user didalam melaporkan bug atau meminta fitur baru, mengecek, lalu membetulkannya, User dapat mengetahui apakah permintaanya sudah dapat dihandle atau belum dan programmer bisa mengetahui apakah permintaan ini pernah diminta sebelumnya oleh user lain.

 

Sayangnya sistem Help Desk ini sering tidak dipakai secara optimal. Alasan yang sering saya dengar adalah, “Repot tiap ada masalah mesti ditulis, kapan kerjanya?”, “Cape-cape nulis juga tidak dibaca”. Alasan seperti ini kurang tepat, karena dengan kita menuliskan masalah, maka secara otomatis solusi akan lebih mudah ditemukan dibandingkan hanya menerima telepon atau IM. Sering kali masalah tersebut adalah masalah yang terjadi berulang-ulang dan selama ini solusi yang kita berikan hanya menyelesaikan ujung masalahnya, bukan akarnya, karena kita tidak mengetahui inti masalah tersebut dan pola masalah yang sama, karena tidak pernah ditulis.

 

Jadi mulai saat ini, jika perusahaan yang Anda kelola tidak pernah memakai software semacam ini, cobalah untuk mulai menggunakannya. Manfaat yang diperoleh sangat besar, bahkan menurut saya tidak hanya untuk kalangan IT. Bidang lain yang berhadapan langsung dengan user perlu menggunakan sistem ini. Contoh yang paling dekat dengan IT adalah bidang Mekanik, montir jadi mengetahui problem yang pernah terjadi pada kendaraan tersebut. Jangan pernah meremehkan fungsi software yang satu ini ya.

 

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Help_desk

 

 

 

 

Latest News

APAC CIO Outlook Magazine

PT Realta Chakradarma featured as TOP 50 Most Promising Microsoft Solution Provider 2016 - CIO ...

Readmore

Realta Presents Realta Business Symposium 2016

 

Semakin disadari, Teknologi Informasi dan Komunikasi (IT) berpotensi mentransformasi bisnis dan ...

Readmore

Aplikasi Helpdesk Indonesia

id.wikipedia.org, Jakarta - Lama berhubungan dengan dunia IT, apalagi yang berhubungan dengan ...

Readmore

RCD dan PTBSI Gelar National Conference 2016

PT Realta Chakradarma (RCD) dan sister company-nya PT Bisnis Sistem Indonesia (PTBSI) kembali ...

Readmore

6 Hal Kelebihan Helpdesk Dalam Membangun System

Liputan6.com, Jakarta - Helpdesk pada dasarnya adalah sebuah center point dimana masalah atau  ...

Readmore